Bahasaku, Bahasa Kita

Sebelumnya, maaf kalau ada yang tersinggung karena tulisan ini. Tulisan ini hanya sedikit dari pendapat saya.

Sering kita temui di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, anak anak yang duduk di bangku taman kanak kanak atau sekolah dasar, berbicara dengan orang tuanya menggunakan bahasa inggris. Bagi sebagian orang, memang terdengar aneh. Padahal mereka tinggal di negeri yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi.

Keadaan ini terjadi karena sebagian dari anak anak itu belajar di sekolah yang mengharuskan mereka berbahasa inggris sehingga mereka terbiasa.

Memang positif. Mereka terbiasa menggunakan bahasa internasional sehingga di masa depan nanti, ketika mereka menghadapi dunia internasional, mereka akan dapat berkomunikasi dengan baik.
Namun sayang, sebagian dari mereka, malah tidak lancar dalam menggunakan bahasa indonesia, bahasa negeri mereka sendiri. Bila hal ini terus berlanjut, dapat membuat mereka kesulitan sendiri dalam berkomunikasi dengan teman-temannya.

Itu baru bahasa indonesia, lalu bagaimana dengan bahasa daerah? Daerah asal mereka, daerah asal orang tua mereka. Bagaimana ketika nanti mereka bertemu sanak saudara dari daerah asal orang tua mereka? Karena bagaimanapun juga, mereka harus turut melestarikan bahasa dan budaya mereka. Tanpa penerus dan pelestari budaya negeri ini, budaya kita akan punah. Padahal negeri ini memiliki sangat beragam budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Ya. Bahasa inggris dan bahasa lainnya memang penting. Karena di era globalisasi ini, kita harus dapat bersaing dengan baik agar sukses di dunia internasional.
Namun, tetap, lestarikanlah bahasa kita sendiri.
Jangan sampai kita kesulitan berkomunikasi dengan bahasa kita sendiri, di negeri kita sendiri.

Sekali lagi, maaf kalau sebagian dari kata kata saya menyinggung. Ini hanya sebagian dari isi pikiran saya mengenai pemakaian bahasa kita akhir akhir ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s