Politik&Agama

Ikr. Gue hanyalah seorang bocah 16taun yang katanya lagi dibuatin ektp (di Jakarta katanya ektp dikasih mulai dari 16 taun) dan belom ngerti apaapa tentang politik. Ikr. Nyoblos pun belom. Mungkin sebenernya gue belom punya hak apa apa buat bahas 2 hal yg disebutin di judul. Politik gue belom ngerti apa apa. Agama, yaah, gue bukan pemeluk agama terbaik di bumi ini&akhirat kelak. Dosa gue masih jauh lebih banyak dari amal gue. Tapi berdasarkan pasal 28 UUD 1945, “..berhak….mengeluarkan pendapat”, so, here are my thoughts.

Berhubung 9 Juli nanti pemilihan presiden&wakil presiden negara kita ini periode 2014-2019, media massa&media cetak yang gue baca&liat banyak banget yang ngomongin politik. Yah kampanye lah yah. Mulai dari kampanye yang biasa biasa aja, sampe kampanye hitam yang bertujuan menjatuhkan lawan.

Dari berbagai macem kampanye yang gue liat, ada satu yang agak bikin mata gue panas. Yah bisa dibilang bertujuan agak menjerumuskan gitu. Oke, pengetahuan gue akan politik&agama masih sempit banget dan masih perlu diperdalam. Mungkin sebetulnya gue yang masih ga ngerti dan masih terlalu naif sama masalah ini dan gak tau apakah wajar/ngga.

Jujur, gue ga ngerti kenapa kampanye pemilihan presiden kali ini, ada yang dikaitkan dengan agama tertentu. Like, “kalo kalian dukung blabla berarti kalian mengkhianati agama” “kalo kalian milih dia berarti kalian dosa” “jika kamu pilih si itu artinya kalian kafir”

This makes me think, bukannya kita tinggal di negara yang majemuk ya? Beragam budaya, beragam suku, beragam ras, dan buat kasus ini, beragam agama. Beragam agama loh ya. Walaupun Alhamdulillah mayoritas agama gue. Tapi tetep aja, masih ada agama lain. Lebih dari satu agama dalam satu negara. Dengan mengeluarkan doktrin kaya gitu, it sounds more like ga menghargai gitu. In my opinion sih. Misal nih, sekarang gue 17 taun, udah punya ktp, berencana milih, tapi gue milih yang kalian bilang jadi dosa. What? Is it wrong for using my right to choose?

Yang kedua, gue liat dari ask.fm, ada yang bc semacam menjerumuskan gitu. Maksudnya apa coba?
Here’s the pic. Maaf ga disensor dulu.

image

Well, I know some of my thoughts are not the best thought tho. But okay, I just want to pour some here.

Saran gue sih, mending gausah bikin perpecahan deh. Inget,

Bhinneka Tunggal Ika

Berbeda beda tapi tetap satu jua

Jangan jadiin momen penting buat kemajuan bangsa ini malah buat bikin perpecahan. Big NO.

Leave a Reply

