You’re Invited!

Sebelumnya, selamat masuk sekolah lagi buat dedek-dedek kelas 12 hihihi. Semangat yaa menghadapi semester baru (2 semester terakhir loh..) ini.

Siap-siap menghadapi beragam ujian (anjaay). Ujian praktek, Ujian Akhir Semester, Ujian sekolah, lalu… Ujian Nasional. Semua pasti bisa dilalui kalo belajar. Serius.

Sans lah kalo ujian, kalo belajar pasti bisa. Next, kuliah!
Jujur aja, menurutku inilah yang paling bikin degdegan waktu kelas 12 kemaren. Jadi anak kelas 12 berarti siap-siap lulus, terus mulai ke tahap baru, kuliah.
Tbh aku gak bisa main-main soal ini. Emang sih, banyak yang pada akhirnya kerja gak sesuai jurusan kuliah mereka, dan tetep sukses. Tapi kan percuma. Kuliah itu gak sebentar loh. Kurleb 3-4 tahun. Suatu keputusan yang sebenernya bisa merubah hidup kita waktu pemilihan jurusan, apalagi waktu menjalaninya.

image

Alhamdulillah, aku termasuk orang yang dapet kepercayaan buat diterima di universitas & jurusan yang ku mau lewat jalur undangan.

Pertanyaan pun bertebaran, “kok lu dapet saf?” “hoki lu yak” “wah hoki gila lu”

Yha, sisi agak pesimisku mengatakan, iya emang hoki. HAHA. Aku juga awalnya gak nyangka kok bisa diterima.

Tapi sisi lainku bilang, “I’ve tried so hard for this”.
Oke, untuk menjawab pertanyaan “kok lu dapet saf?”, aku akan ngasih beberapa tips, yaa ini aku tulis sendiri sih. Ga tau deh bener/gak, kebenaran hanya milik Allah *tsah*

1. Belajar. (you don’t say?)
Tapi bener, kalo gak belajar, gak akan survive. Kalo dulu waktu kelas 11 seringan main daripada belajarnya, kelas 12 ini coba dibalik.
2. DOA. Banyak-banyak doa & ibadah, niat, jangan lupa minta doa restu dari orang tua & guru. Ridho Allah = ridho orang tua, inget.
3. Nah selain belajar dan berdoa, sekarang beralih ke pemilihan jurusannya..
3a. Kenali minat kamu sendiri. Harusnya sih udah ketebak dari waktu kelas 11 ya, supaya lebih konsisten. Tapi yaa kemungkinan berubah masih besar sih.
3b. Ikut psikotes. Iya sih gak wajib, tapi cukup berguna juga menurutku. Biar lebih tau minat kita kearah mana, supaya gak salah pilih.
3c. Kalo bisa, pilih 1 aja jurusan & univ yang kita betul-betul mau. Aku juga gitu kok waktu milih jurusan.
3d. Sekali lagi, pilih yang kita betul-betul mau. Jangan cuma karena iseng/gengsi/apalah, terus malah gak diambil waktu lolos. Sayang. Kamu gak mau sekolahmu kena blacklist kan?
4. Jalur undangan bukan segalanya. Masih ada jalur SBMPTN, jalur mandiri. Ada juga kok univ swasta. Jangan lupa persiapkan itu juga. Harus ada plan B.

Yah, kurang lebih begitu. Semangat terus ya, dekadek agit 😛😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s