Menghalalkan Wisata Negeri


Kosmetik halal, pakaian halal, wisata halal, lifestyle halal, dll.. semua serba halal. Mungkin kita sudah sering mendengar hal-hal berbau halal seperti yang disebutkan di atas pada masyarakat saat ini. Seiring dengan berkembangnya ilmu mengenai ekonomi syariah, kesadaran masyarakat akan kehalalan berbagai aspek kehidupan dibarengi dengan ilmu syariah menjadikan halal lifestyle pada era ini menjadi salah satu hal yang dianggap penting bagi masyarakat, terutama masyarakat muslim masa kini. Banyaknya jumlah muslim dan muslimah di Indonesia juga turut meningkatkan perkembangan dan kesadaran akan halal lifestyle. Gaya hidup halal ini meliputi makanan halal, kosmetik halal, pakaian halal, sektor keuangan halal, wisata halal. Dari semua aspek gaya hidup halal tersebut, wisata halal memberi pengaruh besar bagi Indonesia. Selain karena banyaknya masyarakat muslim yang mendukung gaya hidup ini, Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, baik yang sudah terekspos maupun yang belum terekspos.

Gaya hidup halal, artinya, gaya hidup yang mengedepankan kehalalan dari kegiatan/produk tersebut. Halal sendiri artinya segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan. Aspek halal dilihat tidak hanya dari produk jadi, tetapi dari proses sejak awal produksi. Misalnya, kosmetik halal yang tak hanya dilihat dari produknya tetapi dari bahan dan cara pembuatannya. Gaya hidup halal sangat mudah berkembang di Indonesia karena mayoritas penduduknya adalah muslim yang memang sudah seharusnya menjalani hidup dengan halal sesuai pedoman syariah. Selain itu, masyarakat non-muslim pun mulai melirik produk halal karena alasan keamanan produk dan kualitas. Contohnya, masyarakat beranggapan daging halal memiliki tekstur lebih lembut dan rasa lebih enak dibandingkan daging non-halal. Hal ini membantu meningkatkan pangsa pasar produk halal di Indonesia sehingga produk halal memiliki peluang tinggi untuk menguasai industri di Indonesia karena tingginya permintaan.
Indonesia terkenal akan objek wisatanya yang sangat kaya dan beragam. Iklim tropis nan eksotis, pantai membentang, gunung menjulang, serta objek wisata lainnya yang mungkin belum terjamah oleh masyarakat merupakan daya tarik tersendiri bagi turis. Di era gaya hidup halal ini, berkembangnya trend wisata halal, yang berarti berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha dan pemerintah yang memenuhi ketentuan syariah, merupakan potensi yang harus terus digali di Indonesia. Saat ini, di Indonesia sendiri contoh destinasi wisata halal yaitu Pulau Lombok yang meraih World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon 2015 serta pemenang Wisata Halal Indonesia 2016. Pulau yang berdekatan dengan Pulau Bali ini memiliki banyak masjid yang tersebar luas sehingga turis tidak kesulitan untuk beribadah. Selain itu, hotel-hotel di Pulau Lombok sudah menerapkan penginapan Muslim Friendly seperti petunjuk arah kiblat, peralatan lengkap shalat, kitab suci Al Quran dan lain sebagainya. Destinasi wisata yang bisa dikunjungi antara lain Gunung Rinjani, Danau Segara Anak,Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air. Seperti Lombok, destinasi-destinasi wisata lainnya di Indonesia, jika ingin memaksimalkan potensi wisata halal, sebaiknya menerapkan konsep wisata halal di dalamnya seperti banyaknya tempat ibadah, penginapan ramah muslim, serta makanan yang halal dari proses hingga hasil.
Wisata halal merupakan bagian dari gaya hidup halal yang harus dikembangkan karena Indonesia mempunyai potensi besar yang perlu dimaksimalkan dalam menyambut tren ini. Selain itu, wisata halal dapat meningkatkan perekonomian Indonesia karena memberdayakan masyarakat sekitar objek wisata dan sangat mungkin untuk menambah masuknya turis asing ke Indonesia yang mampu meningkatkan cadangan devisa untuk Indonesia. Jadi, siap menyambut tren gaya hidup halal dengan wisata?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s