Edisi Mayday: Nasib Buruh PT K

Selamat #MayDay semua.
Aku mau sedikit berbagi tulisan..

Jadi, di semester 1 lalu, aku dapet mata kuliah favorit semua maba gemas Unpad, OKK/Olahraga Kesenian & Kreativitas. Semacam KKN kecil2an gitu deh berkunjung ke desa & mendengar+mencari solusi buat permasalahan warga. Aku ditugaskan di desa J (sesuai kelompok Prabu/ospek) RT 01 RW 07. Hampir setiap aku dan teman-teman sekelompok datang ke desa, warga tidak ada di tempat. Ternyata, mereka bekerja sebagai buruh di PT K.
Yang jadi fokusku bukanlah tentang itu, tapi, saat awal semester 1, aku bertemu dengan kepala desa. Beliau mengatakan untuk menjadi buruh di pabrik tersebut, lulusan SMP pun bisa, yah, hal ini berdampak secara tak langsung ke tingkat pendidikan tersebut. Namun, yang agak mengejutkan, para calon buruh diharuskan membayar sejumlah uang untuk dapat bekerja di sana (perempuan dikenakan biaya 3 Juta, laki-laki dikenakan biaya 7 Juta sehingga mayoritas pekerja adalah perempuan)
Awalnya (karena yang bilang kepala desa harusnya data tersebut resmi) aku percaya-percaya saja dengan kata-kata pak kades tentang keharusan membayar itu. Namun ternyata, setelah kutelusuri lebih jauh, sebenarnya itu adalah syarat ILEGAL alias nyogok. Ternyata di dalam pabrik tersebut banyak oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, ternyata keberadaan pabrik tersebut sebenarnya tidak disetujui beberapa golongan, sehingga pihak pabrik harus membayar sejumlah uang demi mempertahankan pabrik tersebut.
Yang mengecewakan di sini, kepala desa sebenarnya mengetahui hal tersebut. Entah untuk saat ini ada tindakan preventif untuk menghindari tindak penyogokan tersebut/tidak. Namun, harapanku, semoga tindak seperti ini dapat ditumpas habis agar tidak merugikan masyarakat dan mereka kaum buruh yang harus bekerja demi kehidupan mereka.
(SA)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s